X-Steel - Link Select 2

Wednesday 22 December 2010

Nilai Resistor Untuk Pembatas Arus pada LED

Pada rangkaian elektronika yang menggunakan LED, biasanya dipasang sebuah resistor pada salah satu kaki LED untuk mencegah terjadinya kerusakan pada LED yang disebabkan oleh kelebihan Arus yang melewati resistor tersebut.

Untuk menghitung nilai dari resistor yang digunakan sebagai pembatas arus tersebut sebenarnya sangat sederhana. Atau jika rangkaianmu menggunakan tegangan 5V atau 12V, kamu bisa menggunakan tabel 1 untuk menentukan nilai resistor pembatas arus tersebut.


Kamu bisa memilih nilai resistor yang sedikit lebih besar tetapi akan mengakibatkan cahaya LED kurang terang. Sedangkan jika kamu memilih nilai resistor yang lebih kecil maka resikonya LED-nya cepat rusak. Jika kita mau menggunakan perhitungan yang lebih akurat, maka kamu harus mengetahui forward voltage drop yang melewati LED. Biasanya forward voltage drop yang melewati LED sekitar 1,5V tetapi untuk LED super terang biasanya 3,5V.

Persamaan yang digunakan ialah:

R = ( Vs - Vf ) / If

Dimana:

  • R adalah Nilai Resistor yang ingin digunakan dalam OHM
  • Vs adalah Besarnya Tegangan Supply dalam Volt
  • Vf adalah Besarnya forward voltage drop dalam Volt
  • If besarnya Arus forward yang diinginkan dalam Ampere

Nah, misalkan ada sebuah rangkaian dengan tegangan sumber sebesar 6 V, forward voltage drop dari LED 1,2V, Arus forward yang diinginkan untuk melewati LED sebesar 40mA, Berapakah resistor yang diperlukan untuk membatasi arus pada rangkaian tersebut?

R = ( Vs - Vf ) / If

R = ( 6V - 1,2V ) / 0,040A = 120 OHM

Selanjutnya kamu tinggal tentukan sendiri……………..