X-Steel - Link Select 2

Sunday 25 May 2014

Flow Cart (Diagram Air)

Flow Cart (Diagram Air) pada Sistim Mikroprosesor

Program adalah susunan atau urutan perintah-perintah sederhana yang diberikan kepada komputer untuk memecahkan beberapa permasalahan. Jika sebuah program telah ditulis dan dilakukan Debugging, komputer akan dapat mengeksekusi program tersebut dengan sangat cepat dan dengan cara yang sama setiap saat tanpa kesalahan.
Kebanyakan Mikroprosesor memiliki kesamaan dalam perintah atau instruksi. IntsruksiTransfer data dapat menggunakan perintah LOAD atau MOVE, Instruksi Matematika sederhana menggunakan perintah ADD, SUBTRACT, MULTIPLY, DEVIDE.



         Langkah-Langkah Pengembangan Program
Menurut Douglas ada empat langkah yang harus dilakukan dalam mengembangkan program komputer yaitu:
1. Pendefinisian permasalahan,
2. Representasi kerja program,
3. Penemuan instruksi-instruksi yang benar, dan
4. Penulisan program.
Pendefinisian  Permasalahan
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menulis program adalah memikirkan secara cermat permasalahan yang ingin diselesaikan menggunakan program komputer. Dengan kata lain, apa yang ingin dikerjakan oleh sebuah program. Jika anda telah berpikir tentang permasalahan, ini merupakan ide yang yang sangat baik dalam menulis apa yang dinginkan dalam membuat program. Sebagai contoh ilustrasi masalah menyeberang di jalan yang sangat ramai.

Representasi Kerja Program

Sekuen atau formula kerja yang digunakan untuk memecahkan masalah pemrograman disebut Algoritma programProgrammer harus menggunakan daftar urutan pekerjaan. Dalam kasus permasalahan menyeberang jalan step.

perintah-perintah sederhana dapat dinyatakan sebagai berikut:
Step 1 : Berjalanlah ke sudut jalan dan berhenti
Step 2 : Lihat dan cermati lampu pengatur lalu lintas
Step 3 : Apakah pada arah anda lampu menyala hijau?
Step 4 : Jika lampu pada arah anda menyala merah, kembali ke Step 2 (Untuk keadaan lain teruskan ke Step 5)
Step 5 : Lihat ke arah kiri
Step 6 : Apakah masih ada kendaraan yang lewat?
Step 7 : Jika ia, kembali ke Step 5
Step 8 : Lihat ke arah kanan
Step 9 : Apakah masih ada kendaraan yang lewat?
Step 10 : Jika ia, kembali ke Step 8
Step 11 : Menyeberanglah dengan hati-hati

Kesebelas langkah ini adalah bahasa bayi atau bahasa aras rendah, yang pada kenyataannya dilakukan pada setiap menyeberang jalan yang sibuk dan ada lampu mengatur lalu lintas. Kesebelas sekuen perintah ini disebut juga dengan  Algoritma Program.

Flow Chart
Flow Chart atau diagram alir adalah cara yang sangat sederhana untuk menunjukkan aliran proses sebuah program. Untuk menyajikan jenis
operasi sebuah program digunakan bentuk-bentuk grafis. Ada delapan jenis bentuk grafis yang digunakan untuk menyusun flow chart ditunjukkan oleh Gambar 1 berikut ini:

Gambar  Bentuk Grafis untuk Menyusun Flow Chart
Dari sebelas step algoritma program di atas dapat disusun flow chart kasus menyeberang jalan sangat ramai seperti Gambar  berikut:
Gambar Flow Chart untuk Kasus Menyeberang Jalan Ramai
Diatas tersebut Flow Cart bukan program.